Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pergeseran Nilai–nilai Budaya

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia. Indonesia menjadi salah satu daya tarik dan Negara yang paling kaya dipandang dari budayanya. Secara matematis kita tidak dapat menghitung betapa melimpahnya kekayaan budaya kita
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia dalam kehidupannya. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Dari sekian banyak bidang yang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan.
Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagaimana jika perkembangan teknologi membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia ? apakah pengaruh negatif dari teknologi mempengaruhi pergeseran nilai – nilai budaya dalam kehidupan manusia ? Kedua pertanyaan ini menjadi wajar apabila kita perhatikan dengan seksama dampak dari kemajuan saat ini.
Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang dikehendakinya.
Pertanyaan kedua apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai – nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan. Misalnya lewat teknologi internet atau dunia maya orang akan semakin mudah mengakses situs – situs porno yang justru itu datang dari kaum muda, hal ini tentu membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini menjadi satu contoh dari sekian banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat.
Contoh lain adalah dampak teknologi adalah dalam bidang militer, berpuluh – puluh macam senjata dicipatakan untuk membunuh manusia, kemana larinya budaya untuk saling menolong, menghargai sesama manusia kalau teknologi yang diciptakan justru dipakai untuk membunuh manusia sendiri. Yang paling hangat dalam ingatan kita tentunya kasus penculikan dan perkosaan yang dilakukan oleh pelajar beberapa waktu lalu yang justru dilakukan setelah pada mulanya berkenalan lewat media teknologi jejaring sosial online facebook. Dengan begitu mudahnya orang dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, akibatnya prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern. Dan masih banyak lagi contoh betapa perkembangan teknologi yang begitu canggih justru disalah gunakan mengakibatkan bergesernya nilai – nilai budaya umat manusia itu sendiri.
Dalam upaya mempertahankan nilai nilai budaya dalam lingkungan masyarakat tentunya dibutuhkan kerja yang eksta, mengingat bahwa nilai – nilai budaya dalam masyarakat menentukan pula perkembangan kehidupan sosial masyarakat itu sendiri. Mereka yang mampu bertahan di tengah kehidupan teknologi yang semakin canggih tentunya akan mendapatkan kehidupan yang diinginkan, demikian sebaliknya.
Bagaimana upaya mempertahankan nilai – nilai budaya dalam kehidupan masyarakat ? ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam upaya membentengi diri dari arus negatif teknologi. Beberapa hal tersebut antara lain :
1. Memperkenalkan pentingya nilai – nilai budaya kepada anak sejak usia dini
2. Memberikan pemahaman kepada anak, masyarakat dan elemen lainnya betapa vitalnya nilai – nilai budaya terhadap kehidupan
3. Memberikan batasan terhadap hal yang bersifat negatif yang masuk dalam hidup dan kehidupan suatu masyarakat
4. Menjadikan nilai – nilai budaya sebagai ujung tombak dari norma kehidupan keluarga dan masyarakat
5. Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya
6. Memandang teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif
7. Menggunakan fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif
8. Sebagai orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak, baik dalam penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari.
Memang dalam penerapannya terkadang sulit untuk mengikuti keinginan dibanding kata hati, akan tetapi untuk hidup yang lebih baik kita dituntut untuk melakukan perubahan dalam hidup kita.
Setinggi apapun kemajuan teknologi yang ditawarkan kepada kita akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut.
Semuanya berpulang kembali kepada kita manusia sebagai makluk sosial, apakah teknologi yang sedemikian canggih ini dapat kita maksimalkan penggunaannya atau justru perkembangan teknologi yang menyeret kita pada hancurnya kebudayaan kita ? anda dan saya yang akan menjawabnya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • RSS TUTORIAL APLIKASI KOMPUTER

    • Pengenalan DAPPER (Micro ORM) Pada VB 2013
      Object Relational Mapping (ORM) adalah sebuah framework yang dapat menjembatani perbedaan sistembasis data yang bersifat relational dengan paradigma pengembangan aplikasi yang berorientasi objek. Setiap objek yang akan memetakan menjadi tabel-tabel pada basis data relasional dibungkus oleh suatu interface dengan menerapkan konsep design pattern. Hal tersebut […]
      Junindar
    • Monitoring Protokol FTP Menggunakan Wireshark
      Open Systems Interconnection Model atau OSI Model merupakan kerangka logika terstruktur yang mengatur proses komunikasi data pada jaringan. Hal ini bertujuan agar komputer dapatnberkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.Pada OSI model terdapat 7 Layer. Setiap Layer bertanggung jawab secara khusus pada proses komunikasi data. Model Layer OSI dib […]
      Moh Lutfi Andrian
    • Monitoring Protokol ARP pada Wireshark
      Open Systems Interconnection Model atau OSI Model merupakan kerangka logika terstruktur yang mengatur proses komunikasi data pada jaringan. Hal ini bertujuan agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien. Pada OSI model terdapat 7 Layer. Setiap Layer bertanggung jawab secara khusus pada proses komunikasi data. Model Layer OSI di […]
      Moh Lutfi Andrian
    • Komputasi Paralel: Graph Tak Berarah Menggunakan Adjacency Matrix
      Penerapan paralelisme pada komputasi dapat mempercepat waktu pemrosesan dibandingkan tanpa paralelisme atau sekuensial. Perhitungan triple, yang merupakan himpunan dari tiga buah vertex yang masing-masing saling terhubung dengan kedua vertex lainnya, pada graph tak berarah dilakukan dengan cara menelusuri sepasang edge tiap vertex dan memastikan vertex pada […]
      Achmad Fauzan
    • Syarat Agar Sebuah Jurnal Terindeks di Google Scholar, DOAJ, dan Scopus
      Buat para pengelola jurnal elektronik, perlu kiranya jurnal yang dia kelola untuk terindeks di Google Scholar, kemudian Directory of Open Access Journals (DOAJ), dan terakhir Scopus. Itu tahapan indeksasi jurnalnya. Tulisan ini sekedar catatan saja syarat-syarat apa yang perlu disiapkan agar bisa terindeks pada situs-situs tersebut. Tulisan ini terinspirasi […]
      Happy Chandraleka
    • Login TeamViewer Melalui Email
      TeamViewer merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk melakukan pengontrolan jarak jauh. Selain login yang dibuat saat pendaftaran (sign up), kita juga bisa mendaftarkan dengan menggunakan akun email sebagai loginnya. Download Tulisan Lengkap: hchandraleka-login-team-viewer-lewat-email.pdfNo visits yet
      Happy Chandraleka
    • Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 5)
      Hal yang kelihatan sepele lainnya dan ternyata sering dilupakan oleh Web Developer adalah: melakukan istirahat dan olah raga yang cukup. Karena terlalu fokus ingin menyelesaikan pekerjaannya, akhirnya lupa dengan waktu untuk beristirahat di malam hari, sehingga menjadi malas berolah raga. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mari kita bahas apa saja penyebabnya, da […]
      Masino Sinaga
    • Mengetahui Tingkat Sitasi dan h-Indeks Seorang Peneliti di Scopus
      Tingkat kepakaran seorang peneliti dapat dilihat dari berbagai hal. Salah satunya adalah banyaknya tulisan yang dihasilkan dan dikutip (disitasi) oleh orang lain. Apalagi bila tulisan dan tingkat sitasinya itu dikeluarkan oleh sebuah lembaga yang kredibel semacam Scopus. Untuk kepentingan tertentu, perlu bagi kita mengetahui tingkat sitasi dan nilai h-indeks […]
      Happy Chandraleka
    • Mengetik dengan Google Docs
      Tulisan kali ini menjelaskan tentang mengetik dengan menggunakan Google Docs. Apa itu? Google Docs adalah perangkat/aplikasi buatan Google berbasis web yang dapat digunakan untuk mengetik dokumen. Salah satu keuntungannya adalah dokumen yang telah kita ketikkan langsung tersimpan di Cloud Google. Dengan demikian kita tidak usah repot-repot menyimpannya ke da […]
      Happy Chandraleka
    • Repository pada Oracle Data Integrator 11g
      Para pengguna Oracle Data Integrator (ODI) pasti akan familiar dengan istilah repository. Saat akan menggunakan software ini, tepatnya sebelum membuat Interface, menggunakan knowledge module atau menyusun Load Plan, pengguna akan diminta untuk membuat minimal dua repository, yaitu satu master repository dan satu work repository. Master repository nantinya ak […]
      Yuafanda Kholfi Hartono
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.